Apa itu Visitor organik ?
Visitor organik adalah pengunjung atau visitor yang datang dari mesin pencari, mereka datang mengunjungi blog kita karena menemukan blog kita dari hasil pencarian google yang mereka lakukan, sebenarnya visitor bisa datang dari mana saja, kadang visitor datang dari refensi backlink yang kita tanam di beberapa blog atau situs, kadang pengunjung mengunjungi halaman blog kita karena dapat informasi secara langsung dari mulut-kemulut, kadang visitor datang dari link yang kita sebar dibeberapa social bookmarking, dan masih banyak lagi cara bagaimana pengunjung mengunjungi blog kita, namun yang harus kita perhatikan dan upayakan adalah cara bagaimana se maksimal mungkin pengunjung bisa datang berasal dari hasil pencarian google, ingat sebagian besar pengguna internet mengunjungi blog yang kita buat pintu masuknya adalah mesin pencari.Semakin banyak visitor yang mengunjungi blog kita bersumber dari mesin pencari, maka CTR (Click Trough Rate) blog akan semakin baik dimata google, kita bisa melihat informasi persentase CTR pada google webmaster tool bisa kita lihat melalui menu Search Trafic >Search Query, semakin tinggi persentase nilai CTR berarti semakin baik untuk kata kunci yang bersangkutan,
Banyak faktor yang harus kita upayakan bagaimana cara agar si pengunjung datang dari hasil pencarian google atau pengunjung organik. bisa jadi aritkel yang anda buat memenangkan kompetisi dan selalu muncul pada urutan 3 besar hasil pencarian google, meskipun di urutan 1 sekalipun belum tentu pengunjung mengunjungi blog anda tersebut, setidaknya kita harus memperhatikan beberapa aspek lainnya agar artikel yang kita buat bisa lebih menarik dan lebih memiliki peluang besar untuk dikunjungi.
Tips cara meningkatkan Visitor Blog organik: google
1. Memasang Kode Google Rich snippet star rating,
Plugin ini berguna untuk menampilkan bintang review dihasil pencarian google, jika artikel yang kita buat muncul di hasil pencarian google, akan dilengkapi dengan gambar bintang kuning, jika anda berhasil memasang kode google rich snippet star rating maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.tampilan kode google rich snippet disinyalir dapat menarik pengunjung untuk mengunjungi artikel yang kita buat.
2. Menghilangkan informasi tanggal penerbitan artikel pada hasil pencarian google,
Tanggal memang sangat berguna untuk pengunjung yang mencari artikel yang mereka butuhkan, pengunjung secara langsung akan bisa mengetahui kapan artikel tersebut dibuat, namun biasanya beberapa pengunjung akan lebih menyukai artikel terbaru daripada artikel yang mereka anggap sudah lama, akan sedikit merugikan kita sebenarnya jika artikel lama kita muncul relevan dengan apa yang mereka cari sedangkan informasi tanggal pembuatan artikel yang nampak oleh mereka boleh dibilang sudah terlalu lama, efek sampingnya adalah pengunjung akan lebih memilih artikel lainnya yang lebih fresh dan akan mengurungkan niatnya untuk mengunjungi artikel kita karena informasi tanggal yang tertera pada hasil pencarian google untuk artikel kita, meskipun hasil pencarian kita berada pada 3 besar pencarian google, jika informasi mengenai tanggal tersebut nampak pada hasil pencarian, maka peluang pengunjung untuk mengklik link ke artikel yang kita buat akan semakin kecil.Kita bisa lihat seperti contoh gambar diatas, yang diberi kotak merah masih memperlihatkan tanggal, sedangkan yang diberi kota biru tanpa ada informasi tanggal, meskipun kedua-duanya punya peluang untuk dikunjungi, untuk jangka panjang sebaiknya kita menyembunyikan informasi tanggal, agar ketika google menampilkan artikel yang kita buat terlihat seperti yang terlihat pada kotak biru diatas, akan mengurangi pertimbangan user untuk tidak mengunjungi artikel yang kita buat.
Saya juga melihat banyak sahabat blogger yang menyembunyikan identitas tanggal penerbitan artikel, sepertinya mereka melakukan itu bukan tanpa alasan, salah satunya adalah agar artikel mereka tidak dianggap sebagai artikel kadaluarsa. sehingga memiliki peluang untuk dikunjungi.
3. Membuat Judul Yang menarik dan memiliki daya promosi
Sepertinya peluang terbaik agar artikel kita yang ditemukan pada pencarian google mendapatkan perhatian pengunjung adalah dengan cara membuat judul artikel semenarik mungkin, untuk judul artikel dengan niche yang sama, kadang judul artikel sana dan juga bisa saja judul berbeda, namun judul yang baik adalah judul yang dapat menarik perhatian pengunjung, tetapi tentu saja kita tetap harus memperhatikan faktor SEO didalamnya, beberapa peneliti untuk masalah ini menyatakan bahwa judul artikel dengan kata-kata promosi akan dapat meningkatkan perhatian pengunjung terhadap blog tersebut, seperti kata "Terbaik", "Lengkap", "Terbaru", "Mudah", "Cepat" atau dengan tambahan informasi kuantitas, judul seperti itu cendrung akan mendapatkan perhatian pengunjung, seperti judul-judul dibawah ini:"101 cara meningkatkan penghasilan internet" atau
"Optimasi Seo Onpage pada blog: lengkap" atau
"Cara Dafar facebook terbaru dengan cepat dan mudah"
"Dan lain-lain"
Judul-judul seperti contoh diatas, memberikan peluang lebih besar untuk dikunjungai daripada judul yang tidak memperhatikan faktor promosi.
4. Membuat descripsi semenarik mungkin
Deskripsi yang baik adalah deskripsi yang dapat mewakili isi artikel secara keseluruhan dan harus mengandung kata kunci, kita harus memperhatikan pembuatan descripsi, karena peluang kedua setelah pengunjung membaca judul , biasanya pengunjung akan membaca descripsi yang ditampilkan dibawah judul pada hasil pencarian google, jika deskripsi yang nampak sesuai dengan yang mereka minati, maka peluang untuk dikunjungi akan semakin baik, namun tentu saja deskripsi artikel yang harus kita buat tetap harus memperhatikan optimasi SEO didalamnya, silahkakan kita buat descripsi sebisa mungkin dapat membuat pengunjung penasaran dan membulatkan tekadnya untuk mengunjungi artikel yang kita buat.Demikian yang bisa saya share tentang - Cara meningkatkan Visitor Blog organik: google, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Cara meningkatkan Visitor Blog organik: google"